RB Leipzig dan Salzburg Diizinkan UEFA, Sama-Sama Main di Liga Champion 2017-2018

RB Leipzig dan Salzburg Diizinkan UEFA, Sama-Sama Main di Liga Champion 2017-2018
RB Leipzig dan Salzburg Diizinkan UEFA, Sama-Sama Main di Liga Champion 2017-2018

Pada akhirnya, baik RB Leipzig dan juga Salzburg bisa menghela napas lega. Kedua klub sepakbola tersebut telah mendapat izin dari UEFA untuk berlaga di Liga Champion musim 2017 – 2018, walau kedua klub tersebut berada dibawah kepemilikan company yang sama.

Kedua tim tersebut sejatinya sama-sama dimiliki oleh produsen minuman energi Red Bull. Sebelum ini, baik RB Leipzig dan juga Salzburg diancam UEFA untuk tidak bisa berlaga di Liga Champion musim depan. Walau laju kedua tim tersebut sangat lah baik untuk mendapatkan tiket ke Eropa. RB Leipzig merupakan juara Bundesliga musim kemarin, sementara Salzburg adalah juara dari Liga Austria. Keduanya secara rekor berhak terbang ke Eropa, lantaran berada di zona Liga Champion.

Tadinya, UEFA sempat khawatir kalau keberadaan 2 tim yang berada dibawah 1 pemilik bakal bertentangan dengan Undang-Undang Liga Champion Article ke-5 yang berkenaan dengan integritas di sebuah kompetisi. Namun usai diteliti lebih dalam, UEFA tidak menemukan adanya pelanggaran. Sontak keduanya pun layak merumput di Liga Champion.

“Kami (UEFA) sudah menyelidiki kedua tim tersebut dengan detail. Mulai dari struktur kepemilikan, finansial, sponsorship, individu pemain, dan lain sebagainya. Sama sekali tidak kami temukan aksi yang bertentangan dengan Undang-Undang Kompetisi kami. Hal ini sudah dikonfirmasikan juga oleh Badan Pengawas Keuangan UEFA / CFBB, bahwa sah-sah saja bagi seorang individu atau sebuah badan hukum untuk memiliki klub lebih dari satu di kompetisi yang digelar UEFA”, terang UEFA pada laman resmi mereka.

Pada Liga Champion musim depan, RB Leipzig sudah pasti masuk ke babak grup. Sedangkan Salzburg, masih harus berkutat di babak 2 kualiifikasi Liga Champion.

Artikel Terkait

Published byBola 36

Berita Bola yang Super Gres dari Bola 36