Standar Resmi Ukuran Lapangan Sepak Bola yang Diakui FIFA

Standar Resmi Ukuran Lapangan Sepak Bola yang Diakui FIFA - Old Trafford MU
Standar Resmi Ukuran Lapangan Sepak Bola yang Diakui FIFA – Old Trafford MU

Definisi olahraga sepak bola

Standar Resmi Ukuran Lapangan Sepak Bola yang Diakui FIFA – Sepak bola merupakan suatu cabang olahraga yang menuntut pemainnya untuk mampu memainkan bola menggunakan seluruh bagian tubuh, terkecuali tangan. Walapun secara mayoritas, kaki menjadi bagian tubuh utama yang digunakan untuk memainkan sepak bola.

Dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 11 pemain. Dimana 11 pemain tersebut disebar untuk bersiaga di 4 area / barisan utama. Pemain yang bersiaga di area / barisan depan lapangan disebut dengan penyerang atau striker. Lalu, pemain yang bersiaga di area / barisan tengah disebut dengan gelandang. Ketiga adalah bek, yakni pemain yang bersiaga di area / barisan belakang lapangan. Terakhir adalah area gawang yang dijaga oleh kiper atau penjaga gawang.

Detail dan ukuran resmi lapangan sepak bola yang diakui FIFA 

Adapun lapangan yang digunakan untuk pertandingan sepak bola resmi, harus memiliki standar resmi ukuran lapangan sepak bola yang sudah diakui oleh FIFA (organisasi tertinggi sepak bola di dunia). Berikut adalah detail lapangan berserta ukurannya.

Gambar detail lapangan

Standar Resmi Ukuran Lapangan Sepak Bola yang Diakui FIFA - Detail Lapangan
Standar Resmi Ukuran Lapangan Sepak Bola yang Diakui FIFA – Detail Lapangan

Gambar detail ukuran lapangan

Standar Resmi Ukuran Lapangan Sepak Bola yang Diakui FIFA - Ukuran Lapangan
Standar Resmi Ukuran Lapangan Sepak Bola yang Diakui FIFA – Ukuran Lapangan

Standar ukuran lapangan sepak bola sendiri terbagi menjadi 2, yaitu standar nasional untuk mengadakan pertandingan level dalam negeri dan standar internasional untuk digunakan pada saat event besar yang mempertemukan tim nasional dari berbagai negara-negara di dunia.

Standar resmi ukuran lapangan sepak bola untuk level nasional memiliki ukuran panjang maks. 120m dan min. 90m. Sementara untuk ukuran lebar lapangan, memiliki ukuran maks. 90 m dan min. 45m. Radius lingkaran kick off yang terpusat di tengah lapangan sepak bola versi nasional sendiri adalah sebesar 9.15m, lalu memiliki kotak gawang dengan ukuran tinggi 18.30m x lebar 5.5m, dan mempunyai kotak penalti yang berada didepan gawang seluas 40.3m x 16.5m.

Sementara itu, standar resmi lapangan sepakbola untuk level internasional memilki ukuran yang lebih luas daripada lapangan sepak bola yang dipakai di lokal. Memiliki ukuran panjang sebesar 100m sampai 110m dan lebar 64m hingga 75m. Untuk kotak gawangnya sendiri berukuran 2.44m x lebar 7.32m Sedangkan untuk luas area penalti, memiliki ukuran yang sama saja dengan standar resmi lapangan sepak bola berlevel nasional.

Walau mengacu pada standar ukuran resmi yang sudah dijelaskan diatas, ukuran lapangan sepak bola yang ada didalam stadion-stadion terkenal di dunia pun sangat beragam. Seperti halnya dibawah ini.

Stadion Old Trafford dengan ukuran panjang 105m dan lebar 68m
Stadion Anfield dengan ukuran panjang 101m dan lebar 68m
Santiago Bernabeu dengan ukuran panjang 108m dan lebar 72m
Camp Nou dengan ukuran panjang 106m dan lebar 70m
San Siro dengan ukuran panjang 105m dan lebar 68m
Juventus Stadium dengan ukuran panjang 105m dan lebar 68m
Allianz Arena dengan ukuran panjang 105m dan lebar 68m
Amsterdam Arena dengan ukuran panjang 105m dan lebar 68m
Parc des Princes dengan ukuran panjang 105m dan lebar 68m

Hampir pada semua lapangan sepak bola, kondisi permukaannya sama sekali tidak diperbolehkan untuk tidak rata dan bergelombang. Berdasarkam informasi yang diperoleh dari FIFA, ada 2 cara untuk membangun permukaan tersebut. Yaitu, dengan menggunakan permukaan alami maupun permukaan buatan. Demikian informasi singkat terkait standar resmi ukuran lapangan sepak bola yang sudah diakui oleh FIFA.

Published byBola 36

Berita Bola yang Super Gres dari Bola 36