Wisata Unik di Kota Banjarmasin dan Tempat Wisata yang Hanya Ada di Indonesia

Wisata Unik di Kota Banjarmasin dan Tempat Wisata yang Hanya Ada di Indonesia
Wisata Unik di Kota Banjarmasin dan Tempat Wisata yang Hanya Ada di Indonesia

Indonesia adalah salah satu tujuan para traveler, salah satunya adalah tempat wisata unik di kota Banjarmasin. Kota yang dijiluki dengan dengan Kota Seribu Sungai ini, memiliki banyak destinasi unik yang hanya bisa kalian jumpai di Banjarmasin.

Kali ini, saya akan memberikan informasi beberapa tempat wisata unik di kota Banjarmasin yang hanya bisa kalian jumpai di Banjarmasin, dan beberapa wisata lainnya yang hanya bisa di jumpai di Indonesia. Memang, di Indonesia banyak sekali tempay wisata yang sudah sangat mainstream. Sebut saja seperti pantai di Bali atau Lombok. Selain di Indonesia, pantai indah juga bisa ditemukan di beberapa Negara lainnya di Asia Tenggara seperti Thailand atau bahkan di Negara-negara kawasan Eropa.

Kalian perlu tahu, bahwa Indonesia sebenarnya merupakan kawasan yang memiliki banyak sekali wisaya unik dan satu-satunya di dunia. Destinasi ini tidak bisa ditemukan di Negara lain sehingga layak untuk di-blow up agar banyak orang yang mengetahuinya. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata unik di kota Banjarmasin dan tempat wisata yang hanya ada di Indonesia :

  • Pasar Terapung Muara Kuin

Untuk bisa menjumpai pasar terapung, tidak perlu jauh-jauh hingga datang ke Thailan, wisata unik di Banjarmasin yang satu ini menawarkan sensasi berbelanja di pasar terapung, kalian bisa menemukan Pasar Terapung Muara Kuin yang sudah ada sejak 400 tahun ini, di Banjarmasin. Barang-barang yang dijual disini seperti sayur, buah, pakaian dan jajanan khas Banjarmasin. Di sini kalian bisa merasakan bagaimana membeli barang di pasar terapung, melihat aktivitas masyarakat dan tentunya ada banyak spot menarik untuk berfoto.

Pengalaman lainnya, kalian juga bisa menaiki perahu kayu yang diseut dengan nama kelotok untuk menyusuri pasar ini. Pastikan kalian sudah berada di Sungai Kuin saat subuh karena pasar ini buka mulai pukul 4 sampai 7 pagi saja.

  • Penambang Berlian

Hanya di Banjarmasin, kalian bisa berwisata ke daerah yang menjadi salah satu pusat penambangan berlian tradisional. Kalian bisa mengunjungi kawasan Martapura Cempaka untuk bisa melihat penduduk disana menambang berlian dari dekat. Berlian yang ditambang penduduk disini, akan dibersihkan dan digosok hingga menjadi berlian di pusat kota Martapura yang adalah daerah penghasil berlian terbesar di Indonesia.

  • Danau Kakaban

Danau Kakaban merupakan danau air tawar yang benar-benar unik dan tidak ada di kawasan lain di seluruh dunia. Di danau ini, kalian akan bisa menemukan banyak sekali spesies ubur-ubur yang tidak beracun. Konon, ubur – ubur dengan jumlah sangat banyak ini sudah terjebak di Danau Kakaban selama ribuan tahun sehingga racunnya hilang. Nah, karena sudah terbukti aman, kalian bisa langsung menikmati berenang bersama ubur-ubur. Lokasi Danau Kakaban ini beraa di Kepulauan Derawan mulai di jadikan destinasi andalan yang mengungguli Raja Ampat di Papua.

  • Kawah Ijen

Kawah Ijen salah satu kawasan wisata kawah yang mungkin sudah banyak di banyak bagian Negara lainnya, termasuk Indonesia. Tetapi, kawah Ijen satu-satunya kawah yang mampu memancarkan cahaya biru diwaktu dini hari. Terletak di kawasan Banyuwangi, Indonesia. Di sinia kalian bisa melakukan dua aktivitas menarik, seperti melihat blue fire di waktu dini hari dan yang kedua trekking sambil menikmati panorama alam yang menakjubkan.

  • Danau Toba dan Pulau Samosir

Yang membuat Danau Toba unik adalah tentu saja berbeda dari danau lainnya di belahan dunia manapun. Di tempat ini, kalian bisa menjelajahi dananu yang sangat luas, melakukan aktivitas memancing atau mendarat ke Pulau Samosir dan menikmati kearifan lokal dari penduduk yang ada di dalamnya. keindahan Danau Toba pun tidak diragukan lagi, tidak salah jika Danau Toba adalah salah satu wisata unik di Indonesia.

  • Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah salah satu pulau satu-satu nya yang masih dihuni oleh hewan purba yaitu Komodo, sejenis kadal purba yang masih hidup bebas di kawasan Indonesia. Pulau Komodo baru-baru ini menjadi salah satu dari seven wonder , hal tersebut bukannya tanpa sebab. Selain memiliki keindahan alam yang eksotis,kalian bisa menemukan spot terbaik berisi komodo. Selain itu, disini juga terdapat pantai dengan pasir berwarna pink yang unik dan indah.

  • Gunung Kelimutu

Keunikan dari Gunung Kelimutu adalah dengan adanya tig buah danau kawah pada puncaknya. Danau ini memiliki warna yang sering berubah seiring dengan berjalannya waktu. Di suatu waktu bisa berubah hijau, hitang atau biru tergantung dati kandungan air dan juga pengaruh cuaca. Untuk penduduk setempat, danau ini adalah tempat arwah untuk pulang. Maka tidak heran, jika masyarakat disini sangat menghormati Gunung Kelimutu yang kawahnya super unik ini.

  • Pemakaman Trunyan

Mengunjungi Bali tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Desa Trunyan. Di kawasan ini, kalian akan menemukan objek wisata menarik seperti di Kuta atau Seminya, namun sebuah pemakaman tradisional yang sangat mengerikan. Di sini, orang yang meninggal tidak dikubur di dalam tanah. Mereka membiarkan jasadnya begitu saja di atas tanah dengan ditutup kain putih dan di sekelilinga ditutup kayu. Walaupun dibiarkan mengurai di atas tanah, bau dari mayat sama sekali tidak tercium. Kawasan ini tetap memiliki udara segar , hal itu dikarenakan bau dari mayat diserap oleh pohon Taru Menyan.’